Sabtu, 16 Oktober 2010

Surat Kabar Menggenggam Dunia

Seberapa penting surat kabar untuk kehidupan kitaaa?

Jawabannya sangat penting. Surat kabar itu merupakan bentuk dari media massa yang memang dibuatnya dari kertas yang berbiaya rendah sehingga mudah dibuang. Untuk membeli surat kabar kita tidak perlu harus sampai membanting tulang kerja keras kok. Karna dengan harga yang murah, yang kurang dari 5 ribu rupiah, kita sudah bisa mendapatkan informasi. Atau, jika kamu tidak ingin repot, cukup berlangganan koran saja, maka setiap pagi akan ada koran yang siap untuk dibaca. Selain itu, surat kabar juga merakyat, jadi yang membaca surat kabar belum tentu mereka yang kurang mampu. Orang kantoran saja, setiap pagi pun gemar membaca surat kabar. Ditambah lagi, sekarang sudah banyak sekali surat kabar online. Biasanya, surat kabar yang sudah punya nama besar membuat surat kabar via online. Itu sangat memudahkan kita jika kita termasuk orang yang malas untuk membeli koran setiap paginya. Dengan membuka alamat web dari surat kabar online tersebut, kita sudah bisa mendapatkan informasi yang sama seperti halnya orang yang membaca koran. Membaca surat kabar pagi-pagi pun dapat membuat otak kita cepat berfikirnya karena pagi-pagi kita sudah membaca koran.


Informasi apa saja yang bisa didapat melalui surat kabar?

Banyak sekali tentunya informasi yang akan kita dapat dengan membaca surat kabar. Dari mulai berita. Jangan takut tertinggal berita yang sedang ramai dibicarakan di khalayak. Dalam surat kabar, kita bisa mendapatkan itu. Bahkan, berita internasional pun bisa kita dapatkan. Maka dari itu, surat kabar pun bisa menjelajahi dunia. Atau jika kita bosan dengan berita, dalam surat kabar juga terdapat future, yaitu tulisan yang tujuannya untuk mengeksplorasi perasaan si pembaca. Bahasa yang digunakannya itu bahasa sastra. Atau, ingin membaca kisah cerita? Dalam surat kabar pun ada. Disana terdapat cerpen atau cerita pendek yang tujuannya juga tentunya untuk menghibur. Atau, ingin tahu tentang film apa yang sedang diputar di bioskop hari ini? Surat kabar dengan lengkap menyajikannya. Dari mulai letak bioskopnya, filmnya, hingga jamnya pun ada. Pusing mencari pekerjaan? Tenang, surat kabar menyediakan iklan untuk lowongan pekerjaan. Tidak hanya itu, iklan tentang mobil, motor yang sedang dijual pun ada. Hingga tempat pengobatan tradisional pun juga ada. Bahkan, ada juga info tentang berita duka. Lengkap bukan?


Tapi, seberapa besarkah minat baca orang Indonesia?
Menurut BPS (Badan Pusat Statistik) pada tahun 2006 menyatakan bahwa masyarakat Indonesia belum menjadikan membaca sebagai sumber yang paling pokok untuk mendapatkan informasi. Tercatat 85.9% masyarakat lebih senang menonton televisi. 40.3% mendengarkan radio. Dan 23.5% membaca koran. Miris sekali ya minat membaca di Indonesia ini. Kalau saja masyarakat Indonesia lebih banyak membaca koran dari pada menonton televisi, pasti negara kita akan lebih maju dari sekarang. Padahal kan, televisi tidak semuanya berpendidikan. Banyak sekali acara-acara yang mengandung unsur kekerasan, bullying, atau hal-hal negatif lainnya. Mulai sekarang, rajin-rajinlah membaca apalagi membaca koran, karena itu sangat mengandung manfaat yang begitu banyak untuk kita semua :)



Wisny Ima Prasetyo
XI IPA 1

0 komentar: