Kamis, 21 Oktober 2010

Tergeser Oleh Jaman

Hidup ini tak pernah lepas dari kebutuhan akan informasi. Informasi saat ini begitu dianggap penting karena berisikan tentang segala hal yang terjadi pada dunia. Apa saja yang beru, kapan peristiwa terjadi, semuanya terangkum jels dalam surat kabar.
Di era yang semakin maju ini segalanya bisa menjadi lebih mudah. Untuk surat kabar saja kita bisa mengaksesnya melalui internet, dimana pilihan berita maupun informasi lainnya lebih fariatif dan tentunya lebih up to date.
Surat kabar juga tidak hanya sekedar memberi informasi saja. Di dalamnya informasi yang ada juga sarat akan edukasi—walau memang tidak disampakan secara langsung.
Namun sangat disayangkan, seringkali kita—terutama kalangan remaja jarang memanfaatkan surat kabar berupa koran. Lebih seringnya kita hanya membaca surat kabar yang berupa majalah ataupun tabloid remaja yang—kebanyakan—berisikan tentang informasi seputar selebritis. Tidak ingin menampik kenyataan bahwa saya pun terkadang seperti itu.
Kebanyakan orang tidak mau membaca koran adalah karena menganggap koran agak ribet untuk di gunakan. Seringnya, orang-orang lebih suka membaca berita melalui ponsel yang terkoneksi dengan internet. Alasannya? Sudah tentu, bahwa membaca berita ataupun informasi melalui internet lebih praktis.
Intinya sih, seiring berkembangnya jaman, posisi koran sebagai sumber informasi menjadi tersisih oleh perkembangan teknologi yang semakin lama semakin tak terbatas lagi.
Tapi walau begitu, koran tetaplah berjasa sampai kapanpun. Karena awal surat kabar elektronik adalah surat kabar cetak itu sendiri.

Verdina Sri Mulia_XI IPA 1

0 komentar: