Sabtu, 16 Oktober 2010

“Buka Jendela Cakrawala dengan membaca Koran”

Koran adalah media massa mudah di buat karena di buatnya dengan kertas yang berbiaya murah (kertas Koran).

Orang-orang berpendapat koran adalah surat kabar yang termasuk salah satu sumber informasi tertulis dengan harga yang berkualitas dan informasi yang ada pada Koran tidak hanya tentang pengetahuan kesehatan, olahraga, ekonomi. Akan tetapi, juga ada informasi tentang Lowongan Kerja untuk orang yang membutuhkan pekerjaan.

Banyak keuntungan-keuntungan yang kita dapat dari membaca Koran seperti penambahan wawasan dan cakrawala dari rubrik hiburan, internasional, ekonomi Negara, kesehatann dan masih banyak yang lainnya. Selain dari, bertambahnya cakrawala dan wawasan, kita juga dapat melihat pengalaman orang orang dan kita dapat terinspirasi dari pengalaman orang tersebut.

Koran juga ada kaitannya dengan kehidupan sehari-hari kita, yaitu kita dapat mengetahui keadaan di luar negri dan di dalam negri. Kita juga tidak akan tahu bila tidak membaca koran bahwa saat ini mie instant sudah dilarang untuk konsumsi.

Koran juga mempunyai manfaat membersihkan kaca jendela menggunakan kertas koran, mengapa koran dapat membersihkan kaca?. Ini dia sebabnya,

1. Kertas koran bersifat Menghisap, Theodore Lustig dari West Virginia University of Journalism mengatakan, Kertas koran memiliki pori-pori (ruang antar sel) yang lebar dan tidak terlapisi apa-apa (tidak ada lapisan lilin atau dempul). Oleh karena itu, kertas tersebut berfungsi hampir seperti spons. Hal ini bermafaat untuk tugas yang membutuhkan penyerapan air (termasuk pula membersihkan jendela).

2. Sifat Kertas tidak menolak Air Menurut Jim Patton, Manajer proses pada Smurfit Newsprint, Pomona, California, kertas koran memang sangat menyerap. Jika kebanyakan kertas dicampuri bahan lem untuk menolak air, tidak demikian dengan koran. Sehingga, kertas koran sangat kecil sifat menolak airnya. Hal ini juga menyebabkan bahwa tinta yang menempel pada koran tidak hanya menempel dipermukaan, tapi bisa meresap.

3. Kertas Koran memberi sifat Mengkilap dan mudah Kering Menurut Brent Weingard, dari Expert Window Cleaner, selapis tinta yang tertinggal di permukaan jendela itulah yang membuat jendela mengkilat dan terlihat warna-warni.

So, jangan sia-siakan koran, karena koran memiliki sejuta manfaat.

0 komentar: