Sabtu, 31 Maret 2012

ARTIKEL (SOSIAL)

PENTINGNYA BERMUSYAWARAH DALAM MENGHADAPI MASALAH

Oleh : Siti Hazard Aldina

Musyawarah adalah kegiatan berdemokrasi yang sangat di butuhkan dalam memecahkan suatu masalah. Demokrasi sendiri memiliki arti yaitu dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Musyawarah juga di pandang penting, karena musyawarah merupakan salah satu alat yang mampu mempersekutukan sekelompok orang untuk mencari pendapat yang lebih dan baik.

Dalam menghadapi masalah kehidupan sehari-hari janganlah kita menggunakan sikap yang kasar. Tapi dengan sikap yang lemah lembut agar orang-orang yang disekitar kita tidak akan menjauhi maupun mengucilkan kita.

Masalah memang tak ada henti-hentinya. Selalu saja ada dan melanda siapa saja. tapi kita semua bisa menghadapinya dengan hati dan pikiran yang tenang dan tanpa adanya emosi dan subjektif di dalam diri kita.

Caranya dengan runding kan baik-baik dengan siapa kita sedang bermasalah. Apabila kita sedang bermasalah dengan teman kita, maka bicarakan baik-baik dan selesai kan masalah itu secepat mungkin jangan sampai berlarut-larut. Karena masalah yang berlarut-larut hanya akan menambah beban di jiwa dan ada rasa tidak enak di dalam hati dan apabila kita sedang bermasalah dengan orang yang lebih tua dari kita seperti orang tua kita. Minta maaflah segera dan bahaslah dengan baik oleh kedua orang tua kita.

Dalam bermusyawarah itu harus ada sikap keterbukaan. Jadi kalau kita tidak setuju dalam hal yang sudah di musyawarah kan maka kita harus menyatakan alasan mengapa kita tidak setuju dengan bahasa yang baik dan sopan. Istilahnya seperti memberi dan mengambil atau dalam bahasa inggrisnya itu take and give.

Seperti masalah masa pergantian ketua kelas di sekolah dapat dilakukan dengan cara pemungutan suara. Karena cara pemungutan suara cenderung lebih praktis, menghemat waktu dan lebih sederhana daripada musyawarah yang berbelit-belit. Dari hasil pemungutan suara yang terbanyak itu lah yang nanti akan menjadi ketua kelas di kelas tersebut. Setelah itu baru dimusyawarah oleh wali kelas dan semua anggota di dalam kelas tersebut.

Maka bermusyawarah ataupun bermufakat adalah cara ampuh untuk memecahkan suatu persoalan dengan didasari keyakinan dan sikap yang lemah lembut dalam menghadapi masalah tersebut.

0 komentar: