Sabtu, 17 Maret 2012

Nilai-nilai Pancasila yang Mulai Ditinggalkan

Melihat kondisi bangsa saat ini, tentu ibu pertiwi amat sangat sedih. dimana nilai - nilai pancasila makin ditinggalkan dan hilang dari kehidupan berbangsa, bermasyarakat dan bernegara. korupsi, pembunuhan serta kerusuhan hampir selalu menghiasi berita-berita di negeri ini. mau sampai kapankah kita akan terus begini?

Di Indonesia, sering terjadi perselisihan antar agama, dirusaknya dan dibakarnya tempat ibadah, dan perselisihan keberagaman lain yang sudah dan sementara terjadi. Hal ini disebabkan karena masyarakat Indonesia yang sudah lupa dengan Pancasila sebagai pemersatu bangsa. Masyarakat Indonesia lupa bagaimana kita bisa bersatu dan menjadi bangsa yang besar. Faktor pendidikan juga mempengaruhi pengetahuan masyarakat saat ini tentang Pancasila. Pancasila kurang diajarkan dalam pelajaran di sekolah bahkan di perguruan tinggi. Jika hal ini terus menerus terjadi maka bangsa Indonesia akan hancur di tengah-tengah maraknya kekerasan dan kejahatan yang sedang mengancam persatuan bangsa ini Pancasila harus diterapkan dalam kehidupan masyarakat. Pancasila harus direalisasikan ke dalam hal-hal konkrit yang membangun bangsa Sebab Pancasila bukanlah ide yang hanya berlaku pada saat bangsa ini sedang dalam rencana penyatuan, tetapi Pancasila selalu hidup di tengah-tengah kuatnya arus globalisasi yang sedang dialami oleh bangsa ini sehingga Pancasila harus diaktualisasikan selalu dalam setiap pola pikir dan pola bertindak seluruh insan masyarakat Indonesia.

Marilah kita sekarang kembali lagi kepada nilai-nilai pancasila. karena para pendiri negara, pahlawan yang telah mendahului kita serta nenek moyang terdahulu berjuang demi kejayaan nusantara ini. Dari jaman mahapatih gajah mada dengan sumpah palapa nya hingga jaman presiden soekarno dengan proklamasi 17 agustus 1945 ingin tanah air kita merdeka, bersatu dan adil makmur berdasarkan pancasila. RM

Rinaldy Meinaki

XI IPA 1

0 komentar: