Sabtu, 31 Maret 2012

ARTIKEL

Solidaritas Antar Teman Pada Perilaku Gaya Hidup Remaja

Oleh : febinia sarah tosy

Pada masa remaja terdapat banyak hal baru yang terjadi, karena hal baru adalah tanda-tanda menuju kedewasaan. Dari masalah yang timbul akibat pergaulan, keingin tahuan tentang asmara dan seks, hingga masalah-masalah yang bergesekan dengan hukum dan tatanan sosial yang berlaku di sekitar remaja.

Hal-hal yang terakhir ini biasanya terjadi karena factor solidaritas antar teman. Masalah akan terjadi jika mereka salah dalam memilih teman . Masalah ini biasanya terjadi karena para remaja masih mementingkan ego dan diri sendiri. Minat dalam berkelompok adalah proses tumbuh kembang remaja secara alami . kelompok yang di buat oleh para remaja biasanya terdiri dari anak-anak yang usianya sama.

Demi kawan yang menjadi anggota kelompok ini, remaja bisa melakukan dan mengorbankan apa pun, dengan satu tujuan, Solidaritas. Geng, menjadi suatu wadah yang luar biasa apabila bisa mengarah terhadap hal yang positif. Tetapi terkadang solidaritas menjadi hal yang bersifat semu, buta dan , dan anarkis yang pada akhirnya merusak arti dari solidaritas itu sendiri.

Biasanya dalam kelompok para remaja sering tidak mementingkan rasa tidak nyamanya karena memikirkan keutuhan kelompok. Dan biasanya ada beberapa orang yang mengalah agar tidak terjadi perpecahan. Dan jika masalah terjadi dalam satu kelompok biasanya ada 1-2 orang yang menjadi penengah

Masalah dalam kelompok biasanya terjadi karena kesalah pahaman. Biasanya jika anggota kelompok ada yang memiliki masalah anggota lain pasti mencoba untuk membantu menyelesaikan dengan cara musyawarah .

Dalam memiliki suatu kelompok biasanya remaja akan cenderung menghabiskan waktunya dengan kelompok ini . biasanya banyak kegiatan-kegiatan yang mereka lakukan bersama. Kecenderungan remaja untuk membuat kelompok biasanya terjadi karena ingin menikmati hidup. Biasanya jika kita membuat kelompok maka kita bisa memliki sahabat dan kita bisa bersenang-senang dan seru-seruan

Dan biasanya remaja juga memiliki tingkat solidaritas antar teman yang tinggi .


Motivasi dalam kelompok adalah salah satu contoh energi yang memiliki kekuatan luar biasa, yang cenderung melatarbelakangi apa pun yang remaja lakukan. Energy yang positif ini lah yang dapat membentuk perkembangan remaja menjadi lebih baik dan remaja mampu untuk bersosialisasi secara baik .

Dan dari kelompok ini lah kita dapat mengembangkan diri dan mendapatkan pengalaman hidup yang dapat membuat kita bisa menjadi lebih dewasa . Hingga, terlepas dari itu semua, remaja merupakan masa yang indah dalam hidup manusia, dan dalam masa yang akan datang, akan menjadikan masa remaja merupakan tempat untuk memacu landasan dalam menggapai kedewasaan.

Dan masa remaja adalah masa-masa paling indah dan terjadi hanya sekali seumur hidup

Jadi nikmati lah masa-masa remaja mu.

0 komentar: