Sabtu, 31 Maret 2012

Artikel Sosial

Mari, Membantu Sesama

Oleh : Rizka Nadiassyifa Hala

Ada banyak hal-hal yang bisa dikerjakan di waktu singkat di dunia ini. Kita dapat memilih, ingin mengerjakan hal-hal baik, atau hal yang buruk. Tapi jika kita berfikir, mana yang lebih menguntungkan antara mengerjakan hal baik atau buruk. Sudah jelas jawabannya, yakni melakukan hal baik dan berguna.

Ngomong-ngomong tentang melakukan hal baik, ada sebuah organisasi yang tujuannya membantu sesama. Organisasi itu bernama KOPAJA (KOmunitas Peduli Anak Jalanan). Mereka memulainya dari situs jejaring social facebook. Sebenarnya, facebookpun menjadi manfaat jika tujuannya itu baik.

Tujuan mereka membentuk organisasi ini adalah membantu anak jalanan (pengamen, pemulung .dll) agar bisa belajar seperi anak-anak mampu yang lainnya. Karena menurut mereka, menuntut ilmu adalah hak bagi setiap orang.

Organisasi KOPAJA itu sendiri baru dirintis sekitar awal 2012. Rata-rata anggotanya adalah mahasiswa di Universitas terkenal, salah satunya dari Universitas Indonesia yang terletak di Depok. Jika ada dari kalian yang menanyakan, ”dari mana mereka mendapatkan donasi?” Mereka mendapat donasi dari teman jejaring sosial maupun teman-teman kampusnya.

Sekitar awal Maret 2012 ini, anggota KOPAJA meluncur ke Jakarta untuk mencari anak jalanan (pengamen, pemulung .dll) untuk “diambil” dan mengabdikan diri kepada organisasi ini. Tentu hal ini harus terlebih dahulu mendapatkan persetujuan dari orang tua mereka. Tidak bisa asal “pungut” saja. Memangnya mau nyulik.

Dan walhasil, cukup banyak anak jalanan yang berpatisipasi dalam organisasi KOPAJA ini. Mereka (anggota KOPAJA) pasti sangat senang dapat membantu sesama. Mereka tentunya tidak berharap balas budi apalagi uang untuk menggantikan semua ini, tetapi satu hal. Mereka hanya berharap ridho dari Allah SWT dan balasan pahala yang tak terhingga di sisi-Nya.

Dan ah iya, siapapun bisa turut berpatisipasi dalam organisasi ini. Bagi kalian yang ingin menyumbangkan tenaga, pikiran, ataupun materi, bisa menghubungi salah satu anggota KOPAJA: 085694040389 (Bagas Triyatmojo).

Pada hakikatnya, manusia tidak bisa hidup sendiri, dan kewajiban bagi kita yang masih mampu, adalah membantu sesama dalam hal apapun J

0 komentar: