Sabtu, 31 Maret 2012

Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Saat ini

(Oleh: Sindhi Adelia)

“Teknologi sudah bukan merupakan hal tabuh lagi khususnya bagi para pelajar. Pembelajaran di sekolah-sekolah saat ini sudah didominasi oleh teknologi yang canggih. Hal yang cukup aneh jika pelajar belum mengenal betul tentang teknologi yang sedang berkembang saat ini”


Peran Penting Teknologi di masyarakat

Seiring dengan perkembangan zaman,teknologi pun semakin berkembang pesat. Handphone,PC,Laptop, notebook merupakan alat teknologi yang laris manis di kalangan masyarakat. Bukan merupakan suatu keanehan bila dalam setiap kegiatan selalu disangkut pautkan dengan alat-alat tersebut. Banyak fungsi yang cukup bermanfaat dengan keberadaan alat “canggih” salah satunya memudahkan masyarakat untuk berinteraksi dan berkomunikasi jarak jauh.

Manfaatnya bagi pelajar

Bukan cuma dimasyarakat, imbas perkembangan teknologi pun berpengaruh besar dengan pola pembelajaran di sekolah. Banyak sekolah yang telah mencanangkan system pembelajaran modern yang dalam proses pembelajarannya selalu disangkut pautkan dengan ketergunaan Internet. Tentu saja dalam menggunakan internet kita butuh perangkatkat yang dapat mengkoneksikannya,dan hal ini menjadi alasan kuat bagi para pelajar untuk memiliki gadget seperti Notebook,Laptop,Pc Tablet,Mac, Ipad,dll yang tentunya efisien atau mudah dibawa kemana saja hingga dapat mempermudah pelajar memperoleh informasi dimanapun dan kapanpun.

Pengaruh Teknologi dalam Taraf pendidikan

Sering dipertanyakan, adakah pengaruh dari teknologi itu sendiri dengan taraf pendidikan? Tentu saja ada. Taraf pendidikan yang baik tentu saja ada sangkut pautnya dengan teknologi. Bisa kita contohkan Negara Jepang. Jepang adalah Negara yang cukup terkenal dengan teknologinya yang sangat maju. Tentu saja,pendidikan mereka sangat baik. Remaja di Negara mereka sudah dapat menciptakan robot maupun gadget dari yang sederhana hingga yang sistemnya cukup rumit. Hal itu merupakan kebanggaan tersendiri untuk Negara Jepang.

Adakah Dampak Negatifnya?

Pengaruh negative tentu ada. Masyarakat khususnya pelajar seperti dipaksakan untuk selalu bergantung pada gadget. Kita dibuat untuk tidak mau ribet.Well, siapa sih yang gak suka sama semua proses yang instant? Nah dari hal ini, kita jadi selalu memanfaatkan gadget itu sendiri dan interaksi secara langsung pun otomatis berkurang. Selain itu penyalahgunaan gadget itu sendiri kerap kali menjadi masalah. Seperti kemudahan bagi pelajar untuk mengakses hal yang “tidak wajar”.

0 komentar: