Sabtu, 31 Maret 2012

TanamkanPribadi Yang CintaLingkunganSejakDini

artikel

Sekaranginikeadaanlingkungan di Indonesia sudahsemakinmemburuk di karenakanmulaibanyakmasyarakat Indonesia yang tidakpedulidenganlingkungannyasendiri.Dari orang dewasasampaimurid SD pun banyak yang membuangsampahsembarangan.Olehkarenaitu, marilahkitatanamkanjiwa yang cintalingkungansejakdini.


Apalingkunganitu ?

Lingkunganadalahtempatdimanakitatinggaldanbersosialisaidengansesamakita.Tetapijikalingkunganitukotordantidaknyamanapakahkitanyamanberada di lingkungantersebut?

Penyebabrusaknyalingkungan

Banyakmasyarakat yang tidaksadarkegiatan yang merekalakukandapatmerusaklingkunganantara lain 1) membuangsampahplastik di tanah, sampah plastic dapatmenggangukesuburantanahdandapatmerusaktanahkarenabutuhbertahun-tahununtukmenguraikansampahtersebut. 2) membuanglimbahpabrikkelaut, sekaranginibanyaklaut yang sudahtercemarolehlimbahpabrikcontohnyapantaiancol Jakarta, 3) penebanganhutansecara liar,banyak orang yang tidakbertanggungjawabmenebanghutantidakdenganprosedurnya, denganberkurangnyajumlahpohon di bumimakamakinbesar pula peluangterjadinyaglobalwarming.

Cara menjagalingkungan

Cara menjagadanmerawatlingkungan yang bisakitaterapkan di lingkungansekitarantara lain denganmenanampohon agar lingkungan yang kitatempatiselalurindang; membuattempatsampah organic dananorganik; tidakmembuangsampahsembarangan; sistimtebangpilih; selalumembersihkanlingkungan; menjagakeseimbanganekosistem;

(kistiapuspawardani XU3)

0 komentar: