Sabtu, 17 Maret 2012

Perkembangan Animasi di Indonesia














Animasi, mungkin kalian sering mendengar kata ini. Tapi apa sih Animasi itu?. Animasi adalah film yang berasal dari kumpulan gambar tangan menjadi gambar yang bergerak. Tokoh pencetus Animasi adalah Walt Disney. Beliau pertama kali membuat tokoh-tokoh animasi di selembar kertas yang kemudian ia kumpulkan dan menjadi suatu kumpulan gambar yang bergerak. Dari situlah asal muasal film Animasi.

Animasi terbagi menjadi 2 macam, yaitu :

1. 1. Animasi 2D (2 Dimensi), yaitu animasi yang dibuat dan di edit di komputer dengan 2D bitmap graphics dan vector graphics.

Salah satu contoh Animasi 2D yaitu animasi yang di buat melalui software Adobe Flash.

2. 2. Animasi 3D (3 Dimensi), yaitu animasi yang sama seperti 2D hanya saja lebih kompleks lagi dengan menggunakan berbagai efek. Seperti efek cahaya, air, api, dll.

Contoh animasi 3D dapat kita lihat di berbagai film, seperti film Transformers, Toy Story, Avatar,dll.

Perkembangan Animasi di Indonesia sebenarnya telah meluas. Namun hanya di dominasi di pulau jawa saja. Indonesia sebenarnya mempunyai banyak animator berbakat. Tetapi kurang mendapat perhatian dan kepercayaan dari masyarakat. Sehingga para animator Indonesia banyak yang bekerja dan membuat film Animasi dari lisensi luar.

Lalu, kenapa perkembangan Animasi di Indonesia masih stagnan?. Salah seorang animator lokal Deswara Adez Aulia berpendapat bahwa, salah satu penyebab kurangnya perkembangan Animasi di Indonesia adalah karena kurangnya sorotan terhadap Dunia Animasi di Indonesia dan sedikitnya peluang Industri Animasi di Indonesia.


oleh : Rizqy Nur Amalia (XI.IPA.Unggulan.5)

0 komentar: