Sabtu, 02 April 2011

Dibalik Keindahannya, Tersimpan Banyak Masalah

Oleh : Firdariani

Bumi, bumi dan bumi, kini umur bumi sudah semakin tua. Faktanya semakin banyak masalah yang ada di bumi, baik masalah bumi itu sendiri ataupun masalah si penghuni bumi. Sadarkah kita apa yang kita lakukan, apa yang kita kerjakan membuat bumi ini semakin rapuh, membuat bumi ini semakin timbul masalah.

Zaman sudah semakin modern, di tandai dengan banyaknya alat-alat canggih yang sudah menguasai dunia, sehingga mata kita tertutup oleh kecanggihan alat-alat tersebut. Ac atau pendingin ruangan, kulkas adalah salah satu alat rumah tangga yang keberadaannya sudah tidak terhitung lagi, bahkan di Desapun keberadaannya sudah tidak asing lagi. Tapi alat-alat canggih tersebut membuat bumi terserang penyakit global warming. Efek dari pemakaian alat-alat tersebut. Kegiatan kita yang kita anggap remehpun ikut menyumbang global warming tersebut, seperti lupa mematikan lampu atau lupa mencabut charger handphone dari stop contact sehabis mengisi batrei handphone.

Efek global warming tersebut menimbulkan menipisnya lapisan ozon. Bangunan-bangunan pencakar langit yang berkilauan karena kaca membuat es-es kutub utara dan kutub selatan mencair sehingga volume air laut meningkat. Masalah itupun membuat sebagian hewan-hewan menjadi punah. Masalah-masalah yang di hadapi bumipun dan penghuninyapun tidak sampai di situ, karena belum lama ini terjadi gempa bumi besar yang disusul dengan tsunami di jepang. Sekarangpun para penghuni bumi yaitu manusia sedang berhadapan dengan masalah-maslah yang datang secara bersaaman. Seperti banyaknya perang-perang yang terjadi di Negara Timur Tengah. Dan tak sampai di situ korupsi, narkoba, seks bebas, penipuan, pemboman menjadi hal yang sangat menakutkan bagi manusia yang ada di muka bumi. Masalah tak sampai distu, di dunia yang sudah sangat modern, dengan manusia yang berpendidikan masih banyak orang yang percaya hal-hal mistis atau mencari kekayaan dengan jalan pintas yang tidak masuk akal yaitu bermain dukun.

Kini waktu waktunya membenahi bumi dengan mengintrofeksi mulai dari kesalahan kecil akibat lupa sampai kesalahan besar yang menyebabkan banyak kerugian. Hal sekecil apapun yang positif akan menimbulkan keuntungan bagi bumi ataupun manusia itu sendiri.

Firdariani (UTS / X1. IPS 4)

0 komentar: