Sabtu, 23 April 2011

Asal Mula Outbound

Pada awalnya dikenal dengan istilah outward bound mengambil dari istilah pada saat kapal siap pergi dari pelabuhan menuju lautan lepas. Istilah ini dipergunakan oleh pelopor kegiatan pelatihan luar ruang yang merupakan tokoh pendidikan berkebangsaan Jerman, Dr Kurt Hahn yang mendirikan Outward Bound Trust pada tahun 1946 dengan didahului mendirikan Outward Bound School di Aberdovey, United Kingdom pada tahun 1941.

Dr Kurt Hahn memiliki visi yang jauh ke depan tentang bagaimana generasi muda memiliki peran yang penting dalam pengembangan kehidupan manusia dimana tantangan yang ada semakin besar dan terkadang membuat generasi muda saat itu terlena. Masa damai yang ada dan berbagai kemudahan karena perkembangan teknologi dan industri saat itu membuat ketahanan mental generasi muda semakin berkurang dan cenderung kalah dari generasi yang lebih tua yang turut mengalami kesulitan pada saat Perang Dunia I.

Konsep ini pertama kali dijalankan di Jerman, tetapi kebangkitan Hitler telah mendesak Hahn untuk pindah ke Inggris. Pada tahun 1934, Hahn berhasil mendirikan sebuah sekolah di sebuah desa di Inggris, Gordonstoun School dengan hanya 2 murid. Murid ketiga adalah Prince of Greece yang kemudian menjadi HRH Duke of Edinburgh yang akhirnya mendorong perkembangan sekolah tersebut.

Melalui berbagai proses, akhirnya pada tahun 1941 Hahn bertemu dengan Laurence Holt seorang pengusaha kapal yang prihatin tentang kemampuan pelaut muda (junior) dalam bertahan hidup (survival) yang sangat rendah dibandingkan para pelaut senior. Holt sangat mendukung metose pelatihan yang dikembangkan oleh Hahn sehingga berdirilah Outward Bound School yang pertama di Aberdovey, UK.

Dalam perkembangannya, metode yang dikembangkan oleh Dr. Kurt Hahn semakin meluas ke seluruh dunia dan sampai di Indonesia. Perkembangan di Indonesia dimotori oleh Djoko Kusumowidagdo, MBA dan Elly Tjahja pada tahun 1990 dengan mendirikan Outward Bound Indonesia (OBI) dan kemudian diikuti oleh berbagai provider lainnya sampai saat ini.

Kegiatan yang berfokus pada pengembangan diri melalui pembelajaran di alam terbuka ini saat ini sudah mengalami berbagai modifikasi dalam waktu dan program. Metode ini tidak hanya dipergunakan di kalangan sekolah, tetapi juga sudah merambah ke pelatihan-pelatihan di perusahaan baik kecil maupun besar. Ada yang menyebutkan company outing, team building, adventureeducation, motivation training, outbound dan berbagai istilah lainnya.

Apapun penyebutannya, pelatihan ini mengusung tema bahwa pembelajaran yang terbaik adalah dengan mengajak seseorang untuk melakukan dan mengalami sebuah peristiwa untuk dapat diambil hikmah dalam kehidupan sehari-hari untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya dan bersiap untuk menerima ketidakpastian yang ada dalam hidup ini seperti sebuah kapal yang berangkat dengan sebuah tujuan menghadapi lautan luas yang tidak pasti .

Sumber : http://deboeroutbound.com/index.php?option=com_content&view=article&id=77:asal-mula-outbound&catid=41:artikel&Itemid=57

Rony Anugrah
X unggulan 5

0 komentar: