Sabtu, 02 April 2011

Pentingnya Melestarikan Kebudayaan Indonesia

Indonesia ?, siapa yang tidak kenal dengan negara satu ini. Negara yang terletak di sebelah tenggara benua Asia ini memiliki julukan Zambrud Khatulistiwa, di karenakan Indonesia merupakan negara kepulauan yang subur dan jika di lihat dari atas tampak seperti Zambrud atau batu. Banyaknya pulau di Indonesia menjadikan satu keunikan tersendiri bagi Indonesia. Mengapa ?, karena setiap pulau di indonesia memiliki ciri khas yang berbeda-beda, bukan hanya dalam hal nama saja melainkan dalam hal bahasa, kebiasaan, makanan, kesenian, kepercayaan, dan lain-lain. Untuk itulah indonesia juga dikenal sebagai negara yang memiliki ribuan suku, budaya, dan bahasa. Bayangkan saja Indonesia memiliki ribuan pulau dan setiap pulau di huni oleh lebih dari satu suku, setiap suku memiliki kebudayaan yang berbeda-beda. Tidak bisa terbayangkan berapa juta kebudayaan yang ada di Indonesia, ternyata tidak salah kalau Indonesia di sebut dengan negara yang kaya akan budaya.
Keindahan Indonesia tidak selamanya bertahan seperti itu, terlalu banyak pertempuran budaya yang ada di Indonesia. Sehingga budaya Indonesia menjadi semakin terpuruk di era global. Sebagai anak Indonesia yang cinta akan budaya seharusnya bisa mengantisipasi pertempuran budaya ini, jangan biarkan budaya Indonesia yang telah lama lahir harus di pinggirkan demi budaya-budaya luar yang sifatnya negatif. Kenyataannya sekarang ini masyarakat Indonesia lebih menikmati tontonan budaya luar di bandingkan menonton budaya negeri sindiri. Kenyataan seperti inilah yang membuat Indonesia akan kehilangan budayanya, bukan itu saja faktor yang lebih transparan adalah masyarakat Indonesia yang sudah tidak memperdulikan kebuyaannya. Mereka sudah malas jika disuruh untuk belajar budayanya sendiri, contohnya saja masyarakat Indonesia sudah malas jika disuruh belajar menari tarian daerah, mereka lebih memilih menari tarian tradisional. Dan yang lebih tragis lagi mereka lebih memilih mengikuti tren budaya luar di bandingkan tren dari negaranya sendiri. Faktor – faktor inilah yang akan membuat Indonesia menjadi negara bodoh, tidak mau mempertahankan yang ada tapi malah merusak yang ada dan mengganti dengan yang baru.
Melestraikan budaya Indonesia merupakan tugas yang tidak susah, jika mereka mempunyai niat yang tulus, mereka pasti bisa memenangkan peperangan budaya yang kian genjar saat ini. Mereka cukup belajar bagaimana , seperti apa dan apa itu badaya Indonesia. Dan mensosialisasikan kepada khalayak umum.

WINNA WIDIYANENGSIH / XI IPA 5 / TUGAS UTS

0 komentar: