Sabtu, 02 April 2011

Tips Liburan Asyik ..

“Libur tlah tiba, libur tlah tiba, hore hore hore. Libur tlah tiba libur tlah tiba hati ku gembiraa \(^o^)/”
Sepenggal lagu tasya tersebut sudah tidak asing lagi bagi telinga kita, apalagi naskahnya yang menandakan libur panjang yang kita nanti-nantikan. Bagi semua orang (khususnya Pegawai dan Pelajar) kalau sudah yang namanya libur pasti sangat membahagiakan, apalagi liburan akhir semester. Kita bisa berkumpul sama orang yang disayang, tidur sesuka hati kita dan masih banyak lagi. Dengan adanya libur panjang kita bisa senang hati tidak melakukan aktivitas-aktivitas yang biasanya membuat kita stress nya “NAUDZUBILLAH” yaitu tugas-tugas yang numpuk, fikiran-fikiran yang harus dipaksa bekerja dengan pelajaran-pelajaran yang banyak + ribet, belum lagi perjalanan menuju sekolah yang jauh ditambah macet huaaaah, pokoknya complicated banget deh. Tapi.. kalau sudah liburan, huuuu... pasti serasa di surga dunia deh pastinya. Tapi selama liburan, ga semua merasakan kesenangan, kadang-kadang kelamaan libur juga bisa bikin kita kangen dengan semua kegiatan-kegiata yang “NAUDZUBILLAH” itu. Aneh memang, tapi itu faktanya.
Liburan yang baik yantu liburan yang bisa bermanfaat buat kita dan orang lain jangan malah merugikan orang tua karena bangkrut gara-gara kita ga berhenti-berhenti minta uang buat menghabiskan liburan dengan jalan-jalan, makan-makan dan lain-lain.
Tapi, jangan juga liburan dengan berdiam diri dirumah yang kerjaannnya tidur, makan, nonton tv, main handphone bikin kerjaan baru buat ibu kita yang harus setiap pagi marah-marah karena kita yang ga ada kerjanya.
Banyak orang yang libur kadang bingung apa yang mau dia lakukan selama liburannya, karena memang setengah dari hidupnya dilakukannya ditempat pekerjaannya sehari-hari. Tapi kenapa bisa kaya gitu ya? Kita tengok yuk faktor eksternal dan internal apa saja yang bisa membuat kita bosan akan liburan kita.
- Tidak terbiasa
Ketidak terbiasaan kita untuk liburan membuat kita bosan akan liburan kita. Kita sudah terbiasa dengan kebiasaan yang ribet, terburu-buru dan semuanya yang takkan bisa rasakan pada saat liburan.
- Tidak ada aktivitas yang dikerjakan
Libur pertama kalau kita tidak melakukan aktivitas apa-apa pasti masih enjoy banget. Tapi kalau sudah berhari-hari, kita juga suka bosan sendiri dengan ketidak adanya kerjaan yang kita lakukan.
- Kurang mengeksplor diri
Kita kalau diberi libur pasti bawaannya males, ga mau ngapa-ngapain jadi badan kita juga ikut malas dibuatnya karena kita kurang bisa mengeksplor diri kita.
- Di sekitar rumah kita liburnya sendiri
Kalau libur bareng teman-teman, kita bisa saja sesekali hang-out, jalan-jalan, main sama temang kita. Tapi, kalau kita liburnya sendirian, misalnya di sekitar rumah kita tidak ada yang satu sekolah sama kita dan kita libur sendiri, pasti boring banget dan akan ngomong dalam hati “tau gini mah mendingan ga usah libur aja sekalian”.
- Tidak dikasih uang saku
Rata-rata orang tua kita bilang “kalau liburan berarti uang jajan nya juga libur ya”. Huh, BT banget pastinya. Itu salahsatu yang buat kita ga bisa ngelakuin apa-apa. Dan dampaknya, kiat jadi males-malesan untuk berbuat sesuatu karena yang ada didalam fikiran kita “mana bisa gue tanpa uang”. :D

Tapi ada juga yang liburan ngerugiin bagi kantong orang tua yang kita bikin kanker akibat kita ga bisa control liburan kita. Cek this out.
- Kita terlalu sering jajan di rumah
Kalau liburan pasti deh semua tukang jajanan, warung warung yang ada di sekitar rumah, pasti sangat menggoda. Padahal itu biasa yang kita lihat. Tapi, gak tahu kenapa pengen banget jajan. Alhasil ibu kita marah-marah terus gara-gara kita kita ga ketulungan jajannya ga berhenti-berhenti.
- Kita terlalu sering pergi-pergian
Kalau liburan pasti deh banyak teman yang ngajak jalan-jalan, padahal kita dalam keadaan ga punya uang dan kita pengen banget ikut jalan-jalan sama mereka. Dan yang jadi korban pasti orang tua kita juga. Kita berusaha untuk merayu sampai kita dikasih uang walaupun dengan muka cemberut.

Tuh kan, mungkin belum semua yang aku tulis disini dalam liburan kita, tapi pasti ada kan yang termasuk didalamnya? Nah, kalau sudah gitu gimana?
Tenang aja.. aku pasti punya solusi yang baik gimana kita ngatur liburan kita dengan baik, efektif dan menyenangkan...
• Pertama, kita jangan terlalu sering jajan di luar rumah, kita bisa luangkan waktu ita dengan belajar masak dirumah yang hasilnya, liburan kita ga bosan, dan kita bisa makan hasil masakan kita sendiri
• Kita boleh saja sesekali jalan-jalan dengan teman kita biar ga bosan, tapi lihat situasi kondisi kantong kita, apakah memungkinkan untuk jalan-jalan bersama.
• Lebih baik kumpul dirumah teman dan ngobrol-ngobrol bareng tentang apa saja (asal jangan ngomongin orang) yang bisa menghemat kantong kita juga.
Mungkitn itu saja tips yang bisa aku share ke kalian semua, ya.. semoga bisa bermanfaat dan baik untuk kita semuaa (^^,)

Tugas UTS
Annisa Sayyidatul Ulfa
XI IPA 1

0 komentar: