Sabtu, 30 April 2011

Lapisan Ozon Kutub Utara Rusak

Gawat! Lapisan Ozon Kutub Utara Rusak ParahPada akhir Maret lalu, 40% lapisan ozon stratosfer mengalami kerusakan. Tingkat kerusakan ini meningkat setelah sebelumnya hanya mengalami kerusakan 30%. Lapisan ini rusak diakibatkan polusi industri kimia. Dalam perjanjian PBB, beberapa bahan kimia dilarang digunakan karena akan mengendap terus di atmosfer selama bertahun-tahun. Perjanjian ini berisikan penggunaan CFC yang terdapat pada lemari es.

Jika lapisan ozon kutub utara ini rusak, maka manusia bisa terkena kanker kulit. WMO memaparkan data ini di ajang tahunan European Geosciences Union (EGU) di Vienna, Austria. Meski mendinginnya stratosfer merupakan peristiwa tahunan di kutub selatan, gambaran kutub utara masih belum bisa diprediksi. "Tingkat kerusakan lapisan ozon di musim dingin tergantung pada kondisi meteorologi," ungkap Sekjen World Meteorogical Organization (WMO) Michel Jarraud.Kerusakan lapisan ozon pada 2011 menunjukkan, manusia harus waspada dan menyadari situasi kutub utara untuk beberapa waktu ke depan, lanjutnya.

Kerusakan lapisan ozon pada 2011 menunjukkan, manusia harus waspada dan menyadari situasi kutub utara untuk beberapa waktu ke depan, lanjutnya. Rusaknya lapisan ozon membuat sinar ultraviolet-B berbahaya bisa masuk melewati atmosfer. Sinar inilah yang menyebabkan kanker kulit, katarak, dan kerusakan sistem kekebalan tubuh. WMO memperingatkan warga dunia mewaspadainya.




oleh: Hobir Nur Ikhsan (X.U5)

Sumber: berbagai sumber

0 komentar: