Sabtu, 23 April 2011

Harga Sembako Sudah Mulai Stabil

Sembilan Bahan Pokok atau sering disingkat Sembako adalah sembilan jenis kebutuhan pokok masyarakat menurut keputusan Menteri Industri dan Perdagangan no. 115/mpp/kep/2/1998 tanggal 27 Februari 1998. Kesembilan bahan itu menyangkut beras, minyak goreng, daging sapi atau ayam, telur ayam, susu, jagung atau sagu, minyak tanah atau gas elpiji, dan garam beryodium.

Pengangguran dan kemiskinanlah yang menjadi permasalahan utama dalam perekonomian di Indonesia. Masyarakat bawahlah yang sangat merasakan lonjakan harga sembako yang kian meningkat beberapa bulan terakhir. Mereka seakan tercekik dan harus putar otak untuk menstrategikan kebutuhan mereka dengan pendapatan yang sedikit.

Ropiah (16) penjaga toko sembako, mengungkapkan saat ini tingkat kenaikan harga sembako sudah kian menyusut. Harga beras, telur, minyak goreng sudah mulai stabil, berbeda dengan 2 bulan terakhir harga beras masih mengalami kenaikan hingga 6000 per liternya. “Alhamdulillah harga beras sudah mulai murah lagi, kalau dua bulan terakhir masih naik harganya” jelasnya.

Para pedagang hanya bisa menyikapi konsumen yang sering protes jika ada kenaikan harga sembako itu dengan sabar. “Saya cuma bisa bilang aja kalo ada kenaikan” Ujarnya lesu.

Namun para pedagang dan ibu rumah tangga masih belum yakin dengan kebijakan-kebijakan pemerintah akan berjalan mulus. Karena mereka juga masih ragu dan takut akan adanya kenaikan lagi terhadap harga sembako. Mereka berharap harga sembako bisa tetap stabil sehingga para pedagangbisa mendapat pendapatan yang maksimal dan konsumen yang tetap.

Arijah Zahra (X-8)

M. rizky S. (X-3)

0 komentar: